dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMK
Tamansiswa Medan dalam kompetensi dasar jurnal khusus. Penelitian ini dilakukan di
SMK Tamansiswa yang beralamat Jl. Sabaruddin no.8. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMK yang berjumlah 11 orang (total sampling). Instrumen
penelitian dengan menggunakan test tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 4 soal yang
valid. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji
normalitas, uji persial (uji t) dan uji koefesien determinasi dengan menggunakan bantuan
software SPSS 23.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan taraf α=0,05 diperoleh nilai thitung
sebesar 2,425 dengan ttabel sebesar 2,200 maka hipotesis diterima dan perhitungan uji
kofesiens determinasi besar nya R square 0,395 = 39,5%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan anatara model pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) berbantu media Games Pinball Smart (GPS) terhadap hasil belajar
siswa kelas XI SMK Tamansiswa Medan. |
en_US |