Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja dan Pelayanan pada
Koperasi Serba Usaha (KSU) Syariah Mitra Mandiri Pratama . yang diukur pada
pelayanan yaitu kualitas rensponsiveness (daya tanggap/kesigapan), reliability
(keandalan), assurance (jaminan), empathy (perhatian) dan tangibles
(kemampuan fisik) yang diberikan oleh KSU Syariah Mitra Mandiri Pratama.
Data yang diperoleh secara langsung dari pengurus dan nasabah di KSU Syariah
Mitra Mandiri Pratama. Metode penelitian yang digunakan dengan pengumpulan
data, yaitu: wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pembahasan yang
digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa masih kurangnya sumber daya manusia serta pengawasan
terhadap karyawan dalam menjalani tugas dan tanggung jawab. Sedangkan pada
aspek pelayanannya secara umum, kualitas pelayanan yang terdapat pada KSU
Syariah Mtra Mandiri Pratama sudah terlaksana dengan baik. Pelanggan
mendapatkan pelayanan yang baik, ramah dan sopan. Akan tetapi, masih ada
faktor yang belum berjalan secara maksimal, misalnya diperlukan fasilitas pada
KSU Syariah Mitra Mandiri Pratama seperti kotak saran serta pengawasan
terhadap jam operasional yang diterapkan agar dapat meningkatkan kenyamanan
nasabah.