dc.description.abstract |
Penelitian ini mengenai Representasi Makna Budaya pada Iklan Marjan
edisi Ramadhan “ Bangkitkan Harapan “ 2022 .Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui makna konotasi,denotasi dan mitos dari budaya iklan marjan. Pada
iklan marjan tahun 2022 di unggah dengan format 3 sekuel yaitu pada sekuel
pertama berdurasi 65 detik, sekuel kedua berdurasi 65 detik dan sekuel ketiga
berdurasi 76 detik . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan makna konotasi, denotasi dan mitos
yang terkandung dalam tanda-tanda pada video iklan Marjan 2022.Penelitian ini
menggunakan teori Semiotika Roland Barthes yang berfokus pada pemaknaan
tanda berdasarkan denotasi, konotasi dan mitos. Denotasi adalah apa yang di yakini
akal sehat/orang banyak (common-sense), konotasi adalah penanda di tatanan
pertama.Hasil dari penelitian dengan menggunakan teori Semiotika Roland Barthes
menunjukkan bahwa representasi budaya dalam iklan ini berupa edukasi kearifan
local seperti daerah jawa dengan memasukkan unsur wayang terbukti mampu
menggabungkan budaya tradisional dan modern dalam iklan melalui visual dewi sri
sebagai pelindung pertanian dengan senjata caping pusaka yang dapat berubah
menjadi pedang dan kipas seperti hero masa kini dan kala wereng yang merupakan
hawa tanaman direpresentasikan dalam bentuk visual jahat dan wereng terbang
seperti pesawat alien. |
en_US |