Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme komunikasi
pemasaran Bank Sumut Syariah Kcp Rantau Prapat dalam memasarkan produk
tabungan mudharabah (Tabungan Marhamah), untuk mengetahui yang menjadi
hambatan Bank Sumut Kcp Rantau Prapat dalam memasarkan produk Tabungan
Marhamah, untuk mengetahui kepercayaan nasabah dalam produk Tabungan
Marhamah Bank Sumut Syariah Kcp Rantau Prapat. Pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Responden
dalam penelitian ini terdiri dari Direktur perusahaan dan Marketing. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
komunikasi pemasaran pada produk tabungan marhamah pada Bank Sumut
Syariah Kcp Rantau Prapat melalui penjualan langsung (Direct Marketing) sudah
melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, bersikap jujur, menunjukkan
kekonsistenannya terhadap nasabah dan calon nasabah. Teknik yang dilakukan
secara verbal dengan 2 cara seperti Face to face selling dan Telemarketing dan
kepercayaan nasabah pada produk tabungan marhamah pada Bank Sumut Syariah
Kcp Rantau Prapat masih diterima di masyarakat dan sudah berkembang sampai
saat ini. Nasabah juga memberikan kepercayaan kepada Bank Sumut Syariah Kcp
Rantau Prapat dikarenakan kualitas produk yang diberikan memang telah sesuai
dengan apa yang telah di informasikan sehingga menjadikan nasabah memiliki
rasa percaya tinggi kepada Bank Sumut Syariah Kcp Rantau Prapat.