dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca puisi
siswa dan guru yang belum pernah menggunakan metode demonstrasi. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah keterampilan membaca
puisi dengan menggunakan metode demonstrasi siswa kelas IV SDN 054887
Sangga Pura, 2) Bagaimanakah keterampilan membaca puisi dengan
menggunakan metode ceramah siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura, 3)
Apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi
siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk
mengetahui keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode
demonstrasi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura, 2) Untuk mengetahui
keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode ceramah siswa kelas
IV SDN 054887 Sangga Pura, 3) Untuk mengetahui pengaruh metode
demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SDN 054887
Sangga Pura. Lokasi yang dipilih oleh peneliti untuk melakukan penelitian yaitu
SDN 054887 Sangga Pura yang terletak di Kabupaten Langkat. Waktu penelitian
dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SN 054887 Sangga Pura yang berjumlah 54 siswa. sampel
dalam penelitian ini adalah 54 siswa. dengan teknik sampel yang dipilih dalam
peneltian ini adalah nonprobability sampling jenis total sampling. Pada desain
penelitian peneliti menggunakan jenis penelitian True Experimental yaitu dalam
bentuk Post Test Only Control Design. Instrumen penelitian ini dengan
menggunakan Lembar Performance Test. Teknik analisi data dalam penelitian ini
adalah : 1) Uji validasi ahli berupa lembar performance test, 2) Uji prasyarat
berupa uji normalitas dan homogenitas, 3) Uji hipotesis berupa uji mann whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode demonstrasi terhadap
keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura. Hal ini
terlihat dari data analisis uji hipotesis dengan uji mann whitney-test menggunakan
SPSS 24 for windows. Hasil dari uji u-test menunjukkan bahwa nilai sig (2 tailed)
= 0,000 dengan pengambilan keputusan jika sig < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode demonstrasi
terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura. |
en_US |