dc.description.abstract |
Desain produk, kualitas produk, dan harga adalah beberapa variabel yang
mempengaruhi konsumen untuk memutuskan pembelian sebuah produk. Hal ini
juga dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Medan Tembung, untuk itu
diperlukan penelitian agar diketahui pengaruh masing-masing variabel. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui secara persial dan simultan pengaruh desain
produk, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dan kuantitatif.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen helm merek Bogo di
Kecamatan Medan Tembung. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden
menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner lalu di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F,
dan koefisien deterninasi (R-Square). Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan SPSS versi 24. Persamaan linear berganda diperoleh Y= -0,949 +
0,3561 + 0,1102 – 0,3493. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh
desain terhadap minat beli (sig. = 0,000 dan thitung 15.019), ada pengaruh kualitas
produk terhadap minat beli ( sig. = 0, 001 dan thitung 3.277 ), ada pengaruh harga
terhadap minat beli (sig. = 0,000 dan thitung -8.254 ). Secara simultan ada pengaruh
desain produk, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli (sig. = 0,000 dan
fhitung = 267.127). Nilai R square sebesar 0,945 atau 94.5% dan hal ini
menyatakan bahwa variabel desain produk, kualitas produk dan harga
berpengaruh terhadap minat beli sisanya 5.5% variabel lain yang tidak
berkontribusi terhadap minat beli. Simpulan desain produk berpengaruh signifikan
terhadap minat beli, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli
dan harga berpengaruh signifikan terhadapminat beli. Secara simultan ada
pengaruh desain produk, kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen
helm merek Bogo di Kecamatan Medan Tembung. |
en_US |