Abstract:
Sistem Informasi Manajemen Nikah atau SIMKAH adalah kebijakan
pemerintah yang diterapkan pada setiap Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.
SIMKAH dapat membantu dalam proses pelayanan masyarakat secara cepat dan
akurat. Salah satu KUA yang telah menerapkan SIMKAH adalah KUA Medan
Helvetia. Penelitian ini dilatar belakangin oleh penting adanya keberhasilan
mengenai program SIMKAH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimanakah Efektivitas Kinerja Pelayanan Publik pada program Sistem
Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama Medan
Helvetia. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah metode
kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
peneliti dalam penelitian ada dua cara, antara lain data sekunder seperti buku,
karya ilmiah, arsip dan dukumentasi, sedangkan data primer seperti wawancara
dan observasi. Peneliti juga menggunakan teori analisis SWOT teori tersebut
diambil guna untuk mengetahui efektivitas kinerja pelayanan publik pada program
Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di KUA Medan Helvetia. Dari
hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa Program SIMKAH
belum berjalan efektif dan masih ada problematika program SIMKAH pada KUA
Medan Helvetia yang harus diselesaikan yaitu dari sarana dan prasarana yang
akan menunjang proses pelayanan.