Abstract:
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model Guided Discovery Learning berbantuan software GeoGebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa MTs Swasta Darul Muttaqin Kandangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan model Guided Discovery Learning berbantuan software GeoGebra terhadap pemahaman konsep matematis pada siswa MTs Darul Muttaqin Kandangan dan untuk memberitahukan kepada peserta didik mengenai proses pembelajaran dengan menggunakan model Guided Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen ini dilaksanakan untuk melihat hubungan variabel penelitian dan termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Swasta Darul Muttaqin Kandangan Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 90 peserta didik dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-3 berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Dilihat hasil Pre-test memperlihatkan rata-rata sebesar 55,667 dan hasil Post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,333. Pada analisi data menunjukkan kelas eksperimen nilai Pre-test L0 = 0,1068 dan Post-test L0 = 1,283. Kemudian pada hasil perhitungan t-test didapat thitung (5,32) > ttabel (1,701) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak berarti rata-rata pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun datar dengan menggunakan model Guided Discovery Learning berbantuan software GeoGebra mengalami peningkatan dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun datar dengan menggunakan model konvensional dan adanya pengaruh model Guided Discovery Learning berbantuan software GeoGebra terhadap pemahaman konsep matematis pada siswa Mts Swasta Darul Muttaqin Kandangan.