Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 060880 MEDAN POLONIA

Show simple item record

dc.contributor.author LUBIS, SALSABILA
dc.date.accessioned 2022-10-06T07:44:39Z
dc.date.available 2022-10-06T07:44:39Z
dc.date.issued 2022-10-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18687
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca intensif siswa k\elas IV UPT SD Negeri 060880. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060880 yang berjumlah 19 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition yaitu 84,21 banding 53,68. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC 68. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition adalah 91. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2- tailed) adalah 0,000  0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV UPT SD Negeri 060880. en_US
dc.subject Cooperative Integrated Reading en_US
dc.subject Composition en_US
dc.subject membaca intensif en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 060880 MEDAN POLONIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account