dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca
intensif siswa k\elas IV UPT SD Negeri 060880. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest
design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060880
yang berjumlah 19 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil
penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition lebih tinggi dibandingkan nilai
rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition yaitu 84,21 banding 53,68. Nilai tertinggi yang
diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC 68. Nilai
tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition adalah 91. Berdasarkan
penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t
(Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-
tailed) adalah 0,000 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak.
Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh
model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap
kemampuan membaca intensif siswa kelas IV UPT SD Negeri 060880. |
en_US |