dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan tipe leraning together dalam pembelajaran Sejaah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsS Nurul Islam Perkebunan Hapesong, yang di mana dalam proses penerapannya diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk menarik perhatian siswa, sehingga proses belajar pada nata pelajaran SKI tidak lagi dianggap monoton dan membosankan, oleh karena itu pada penelitian ini penulis menggambarkan bagaimana konsep serta penerapan model pembelajaran kolaboratif yang ada di sekolah MTsS Nurul Islam Perkebunan Hapesong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisi data menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan tipe learning together sangat membantu guru dalam melakukan pembelajaran sehingga suasana kelas lebih aktif dan menarik bagi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : konsep belajar yang digunakan merupakan konsep belajar Bersama, sedangkan dalam penerapannya guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang nantinya akan diberi materi masing-masing lalu mempresentasikannya di depan kelas. |
en_US |