Research Repository

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE IMLA’ PADA PESERTA DIDIK DI SMP SWASTA AL-IKHLAS

Show simple item record

dc.contributor.author KASBIADI
dc.date.accessioned 2022-10-01T03:46:11Z
dc.date.available 2022-10-01T03:46:11Z
dc.date.issued 2022-10-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18600
dc.description.abstract Pembelajaran Bahasa Arab yang ideal di Madrasah Tsanawiyah atau Madrasah Aliyah adalah pembelajaran yang memungkinkan para siswa menguasai empat keterampilan berbahasa (Maharat al-Istima, al-Kalam, al-Qira‟ah, dan al-Kitabah) secara proporsional. Dalam pengajaran Bahasa Arab, metode merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan pengajaran tersebut. Metode imla‟ adalah metode dikte atau metode menulis dimana guru mengucapkan materi pelajaran dan siswa disuruh menulisnya di buku tulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟, faktor penghambat dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor-faktor penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas diantaranya fasilitas yang terbatas, daya tangkap siswa yang lemah dan perbedaan latar belakang pendidikan. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas antara lain memotivasi siswa, membuat pembelajaran tambahan dan berdiskusi dengan guru senior dan kepala sekolah. en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.subject Metode Imla’ en_US
dc.title MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE IMLA’ PADA PESERTA DIDIK DI SMP SWASTA AL-IKHLAS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account