Research Repository

DAMPAK IKLAN LAYANAN TELEVISI VAKSINASI COVID-19 TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN DIRI MASYARAKAT KABUPATEN ASAHAN

Show simple item record

dc.contributor.author SAKINAH, DINDA PUTRI
dc.date.accessioned 2022-09-28T03:03:09Z
dc.date.available 2022-09-28T03:03:09Z
dc.date.issued 2022-09-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18571
dc.description.abstract Iklan layanan televisi sebagai media yang bersifat persuatif digunakan untuk media informasi, hiburan. Pada masa pandemic Covid-19 iklan layanan televisi digunakan sebagai media informasi yang dilakukan oleh pemerintah. Iklan yang ditayangkan merupakan ikaln penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak iklan layanan televisi vaksinasi Covid-19 terhadap upaya perlindungan diri masyarakat Kabupaten Asahan. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Dusun IV, Desa Meranti, Kabupaten Asahan dengan jumlah populasi 400 orang dan sampel yang diambil sebanyak 80 orang dengan menggunakan rumus slovin presisi sebanyak 10% atau 0,1. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AIDA untuk mengetahui apakah adanya pengaruh media iklan terhadap keputusan masyarakat atau khalayak mengenai iklan yang ditonton di siaran televise RCTI dan SCTV yang berisi iklan penerapan protokol kesehatan dan ayo vaksinasi yang ditayangkan di jam 08:00 sampai 17:00 WIB. Keputusan yang diambil oleh khalayak yaitu mereka terus menonton iklan tersebut dan menerapkan pesan iklan yang disampikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya Ho: β ≠ 0, Ho ditolak dan Ha diterima dampak yang signifikan antara iklan layanan televisi vaskinasi covid-19 terhadap upaya perlindungan diri masyarakat Kabupaten Asahan pada nilai t hitung dan > t tabel yaitu: 10,929 ˃ 1,664 dan nilai probabilitas t yaitu 0,001 > 0,05. Adapun persentase sebesar 60,5% atau 0,605 upaya perlindungan diri masyarakat Kabupaten Asahan dipengaruhi oleh iklan layanan televisi dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. en_US
dc.subject Iklan Layanan Televisi en_US
dc.subject Covid-19 en_US
dc.title DAMPAK IKLAN LAYANAN TELEVISI VAKSINASI COVID-19 TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN DIRI MASYARAKAT KABUPATEN ASAHAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account