Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran guru PKn dalam mengemnbangkan Keterampilan Intelektual (Intelectual Skill) dan Keterampilan Berpartisipasi (Participatory Skill) agar menjadi pengetahuan yang diperoleh menjadi sesuatu yang bermakna karena dapat dimanfaatkan dalam menghadapi masalah-masalah dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah Peranan Guru PKn dalam mengembangkan Keterampilan Intelektual (Intelectual Skill) dan Keterampilan Berpartisipasi (Participatory Skill). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu analisis data dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan sehingga dapat memberikan gambaran masalah yang sedang diteliti di Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tanjung Balai. Sumber datanya yaitu Guru PKn SMA Negeri 3 Kota Tanjung Balai, serta teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PKN dalam mengembangkan Civic Skill di Kelas XI SMA Negeri 3 Tanjung balai yaitu peran guru PKn sebagai motivator, dinamisator, evaluator, inspirator dan keteladanan (MODEVIK). Karakter yang terbentuk siswa dalam pembelajaran PKn berdasarkan peran guru adalah disiplin dan tanggung jawab. Dalam menjalankan peran tersebut untuk menumbuhkan karakter pada siswa guru menggunakan strategi pujian dan hadiah (praise dan reward) sertastrategi penegakan disiplin (forced formality) yang berupa punishment, aturan belajar,dan tata tertib.