Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran time token terhadap minat belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Muhammdiyah 7 Medan yang berjumlah 142 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammdiyah 7 Medan kelas VIII-1 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu one-group pretest-postest design. Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. data yang di ujikan akan diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran time token terhadap minat belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 7 Medan kelas VIII-1. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan thitung > ttabel pada taraf 𝛼=0,05 yaitu 9,595> 2,034. Hal ini dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.