Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan playdough
efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Siti Hajar
Medan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK B di TK Islam
Siti Hajar yang berjumlah 53 anak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik random dimana sampel dipilih secara acak untuk menentukan kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Lokasi penelitian di TK Islam Siti Hajar Medan.
Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, dari bulan Maret 2022 sampai dengan
bulan April 2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis di bantu dengan program
SPSS versi 21 for Windows. Untuk mendapatkan hasil yang memadai, maka dari
itu peneliti mengambil langkah pre-test dan post-test dimana peneliti memberikan
perlakuan sebelum dan sesudah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
permainan playdough efektif dalam meningkatkan kreativitas anak, dilihat dari
hasil uji normalitas nilai signifikan post-test kelas eksperimen 0,200 dan kelas
kontrol 0,200 lebih besar dari 0,05, hasil homogenitas post-test kelas eksperimen
0,503 dan kontrol 0,485 memiliki nilai lebih besar dari 0,05, dan uji hipotesis 0,05
dimana H0 ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan penerimaan Ha, sehingga
dapat disimpulkan bahwa permainan playdough efektif dalam meningkatkan
kreativitas anak, artinya permainan playdough mempunyai pengaruh positif
terhadap kreativitas anak.