dc.description.abstract |
Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat media penyiaran yang memegang peranan sebagai media informasi dan hiburan seakan terancam karena meningkatnya perkembangan teknologi tersebut. Oleh karena itu media penyiaran juga harus bersaing dengan adanya media-media baru yaitu internet. Dengan demikian stasiun radio harus menerapkan konvergensi media sehingga dapat meningkatkan jumlah pendengarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Radio Smart FM Medan dalam meningkatkan jumlah pendengar radio menghadapi era konvergensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Radio Smart FM dalam meningkatkan jumlah pendengar menghadapi era konvergensi dengan melakukan perencanaan progran dimulai melakukan riset evaluasi lalu program tersebut dari 6 bulan kedepan beserta teknisnya dengan saling berkordinasi antar unit. Pada tahap pelaksanaan, media Radio Smart FM. memanfaatkan sosial media serta ketika program itu disiarkan menggunakan live streaming yang ditampilkan secara visualisasi. Kemudian proses pengawasan dan evaluasi dilakukan dengan bekerja sama antar unit dari Kompas Gramedia dan evaluasi dilakukan setiap 6 bulan sekali. Dalam konvergensi media juga memanfaatkan Radio Streaming dengan aplikasi Joox dan memanfaatkan setiap media sosial sehingga dapat meningkatkan jumlah pendengarnya. |
en_US |