Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar kesadaran masyarakat kota medan dalam mematuhi pembayaran pajak pada kendaraan bermotornya, menguji seberapa baiknya tingkat pelayanan di kantor samsat putri hijau, menguji pengaruh kesadaran wajib pajak dan pelayanan pajak pada kantor Samsat Putri hijau. penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan observasi yang dilakukan di Kantor SAMSAT Putri Hijau. Hasil penelitian ini menunjukkan kesadaran wajib pajak dan pelayanan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada kantor SAMSAT putri hijau. Hal ini terlihat dari hasil kesadaran wajib pajak dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 (0.036<0.05), dan pelayanan pajak dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 (0.002<0.05). Dari keterangan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Kesadaran wajib pajak dan pelayanan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Nilai R Square sebesar 0.267 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0.252, yang menunjukkan bahwa pengaruh dari kesadaran wajib pajak dan pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada kantor samsat sebesar 25,2% dan sisanya 74,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti oleh peneliti.