dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah Pemicu kencanduan Game Online yang dialami oleh
kelas XI di SMK Bina Satria Medan. Untuk mengetahui bagaimana peran guru
bimbingan dan konseling dalam mengurangi kecanduan Game Onlin Siswa Kelas
XI SMK Bina Satria Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Layanan bimbingan konseling yang digunakan dalam
penelitian ini semua bentuk layanan bimbingan konseling sesuai kebutuhan
konseli. Adapun hasil penelitian menunjukkan pemicu main game online pada
siswa Kelas XI SMK Bina Satria Medan dipicu oleh dua faktor yaitu faktor
internal dan eksternal. Pemicu dari faktor internal disebabkan oleh dorongan
dalam diri siswa untuk bermain game online, rasa jenuh/bosan, dan kurangnya self
control dalam diri siswa. Pemicu dari faktor eksternal disebabkan oleh lingkungan
yang kurang terkontrol, kurang memiliki hubungan sosial yang baik, dan
kurangnya perhatian dari orang terdekat.Upaya guru BK dalam mengelola
kecanduan game online pada siswa Kelas XI SMK Bina Satria Medan diantara
lain menerapkan semua layanan sesuai dengan kebutuhan siswa, adanya kerja
sesama antar sesama guru dan instansi lain, dan memiliki pengetahuan/wawasan
tentang game online. |
en_US |