Abstract:
Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah pakah kegiatan
bermain aktif dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak di RA Al-Islam.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan rasa percaya diri pada anak melalui kegiatan bermain aktif di RA
Al-Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah
lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek penelitian
adalah 17 anak kelompok B di RA Al-Islam Tahun Ajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan metode kegiatan bermain
aktif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak pada kelompok B di RA Al-Islam
Medan. Peningkatan rasa percaya diri tersebut dapat dilihat dari hasil data
observasi yang diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan. Sebelum tindakan
ketuntasan rasa percaya diri anak pada kriteria kurang sebesar 27,94 % dan mulai
berkembang pada kriteria cukup yaitu 49,75% pada siklus I. Ketuntasan rasa
percaya diri anak meningkat pada kriteria baik pada siklus II yaitu 72,06 % dan
berkembang baik sekali pada siklus III dengan nilai 92,65 % sehingga
pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena 92,65% dari 17 jumlah anak di RA
Al-Islam Medan telah mencapai indikator rasa percaya diri anak. Dari kegiatan
awal sampai akhir dibiasakan anak untuk aktif, dan berani melakukan kegiatan
yang ada dalam pembelajaran. Dengan demikian semua anak mempunyai
kesempatan yang sama untuk mengembangkan rasa percaya diri mereka, sehingga
rasa percaya diri pada masing-masing anak dapat meningkat.