Research Repository

Upaya Meningkatkan Pengenalan Bentuk Benda Melalui Kegiatan Bermain Balok Pada Anak Kelompok B Di Ra Babul Khairot Tanjung Morawa

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Hariani
dc.date.accessioned 2020-03-03T13:59:42Z
dc.date.available 2020-03-03T13:59:42Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1817
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal bentuk benda pada kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa, dan untuk mengetahui peningkatan pengenalan bentuk-bentuk benda melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa yang berjumlah 15 orang anak. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan anak dalam mengenal bentuk benda pada kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa dapat meningkat dengan melakukan kegiatan bermain balok secara terbimbing dimana anak tidak sekedar asyik bermain tetapi memahami konsep bentuk yang ada pada balok. Pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa dilakukan melalui mekanisme siklus, dimana dilakukan dengan 3 siklus. Pada tiap siklusnya, anak dikenalkan dengan berbagai konsep bentuk benda sehingga dengan semakin seringnya dikenalkan dengan konsep bentuk maka anak mengerti nama bentuk, ukuran bentuk, dan lain sebagainya. Peningkatan pengenalan bentuk-bentuk benda melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa terjadi secara signifikan dimana pada kondisi sebelum tindakan hanya 31,67 %. Setelah dilakukan kegiatan pada siklus I meningkat menjadi 58,33 % dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 75,83 % dan pada siklus III meningkat sangat baik menjadi 96,67 % dengan kriteria Baik Sekali. en_US
dc.subject Pengenalan en_US
dc.subject Bermain en_US
dc.subject Balok en_US
dc.subject Bentuk Benda en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Pengenalan Bentuk Benda Melalui Kegiatan Bermain Balok Pada Anak Kelompok B Di Ra Babul Khairot Tanjung Morawa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account