Abstract:
Pada zaman sekarang ini sudah banyak ditemukan perkembangan akan alat
pendingin atau AC (Air Conditioner). Dan pemanasan global yang semakin terasa
kebumi membuat hampir seluruh element masyarakat , baik perkantoran, gedung
perbenlanjaan, maupun industri otomotif memerlukan akan kebutuhan alat
pendingin seperti Air Conditioner (Ac). Penelitian kali ini menggunakan
kondensor berbahan tembabaga dengan jumlah lilitan sebanyak 11 lilitan dan
sirip berbahan alumuium dengan ketebalan 0,5mm dan jumlah sirip sebanyak 24.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain, dan mebuat sirip kondensor ac
mobil. Metode penelitian kali ini menggunakan software Solidworks sebagai
media untuk mendesain dan merancang sirip kondensor dan dalam pengujian yang
dilakukan oleh rekan kelompok penelitian saya Ditra andreanata aspin, dengan
menggunakan thermocouple type K yang dipasang pada beberapa titik. Pengujian
dilakukan dengan menggunakan alat penghitung suhu thermocouple tipe k yang
telah terpasang pada jalur masuk dan keluarnya refrigerant pada kondensor. Dari
pengujian Putaran kompressor AC mobil dengan putaran 3000 rpm didapatkan T1
sebesar 80,670C, T2 sebesar 38,43 0C, T3 sebesar 32,43 0C, T4 sebesar 29,7 0C, T5
sebesar 30,99 0C putaran kompressor AC mobil turun dengan putaran 1500 rpm
didapatkan T1 sebesar 035 0C, T2 sebesar 39,379 0C, T3 sebesar 32,593 0C, T4
sebesar 32,082. Hasil tersebut didapatkan ketika AC Mobil dihidupkan udara dari
evaporator keluar ke kabin, kemudian dihisap dengan kompresor ke tekanan
rendah dan dikompres lagi ke tekanan tinggi sehingga sewaktu putaran mesin
lebih cepat maka tekanan tinggi semakin tinggi dan tekanan rendah semakin
rendah.