Research Repository

Upaya Meningkatkan Logika-Matematika Melalui Kegiatan Berfikir Logis Di Ra Umratul Hidayah Rantauprapat.

Show simple item record

dc.contributor.author Hasibuan, Nurhayani
dc.date.accessioned 2020-03-03T13:54:59Z
dc.date.available 2020-03-03T13:54:59Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1814
dc.description.abstract Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kecerdasan logika-matematika anak melalui kegiatan berfikir logis dengan media bermain balok di RA Umratul Hidayah Rantauprapat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus dengan alat instrumen penilaian lembar observasi anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 17 anak dengan 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan kegiatan berfikir logis melalui media bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan logika-matematika pada anak kelompok B di RA Umratul Hidayah Rantauprapat. Tingkat kecerdasan logika-matematika anak pada kegiatan sebelum tindakan sebesar 22,06 % dengan kategori kurang. Kemudian melalui tindakan pada siklus I peningkatan kecerdasan logika-matematika anak mengalami peningkatan sebesar 44,12 dengan kategori cukup, dan meningkat kembali setelah tindakan siklus II sebesar 64,70 dengan kategori baik. Peningkatan kecerdasan logika-matematika anak semakin menunjukkan hasil yang lebih baik pada siklus III yaitu sebesar 91,17 % dengan kategori baik sekali. Oleh sebab itu, disarankan kepada guru RA Umratul Hidayah Rantauprapat agar dalam mengajarkan konsep bentuk benda dan bilangan menggunakan media yang menarik bagi anak dan juga mampu meningkatkan pemahaman konsep bentuk dan bilangan pada anak usia dini. en_US
dc.subject Logika Matematika en_US
dc.subject Bermain Balok en_US
dc.subject Berfikir Logis en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Logika-Matematika Melalui Kegiatan Berfikir Logis Di Ra Umratul Hidayah Rantauprapat. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account