Abstract:
Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk
meningkatkan kecerdasan logika-matematika anak melalui kegiatan berfikir logis
dengan media bermain balok di RA Umratul Hidayah Rantauprapat. Jenis
penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus dengan alat
instrumen penilaian lembar observasi anak. Subjek penelitian adalah anak
kelompok B yang berjumlah 17 anak dengan 10 anak laki-laki dan 7 anak
perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan kegiatan
berfikir logis melalui media bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan
logika-matematika pada anak kelompok B di RA Umratul Hidayah Rantauprapat.
Tingkat kecerdasan logika-matematika anak pada kegiatan sebelum tindakan
sebesar 22,06 % dengan kategori kurang. Kemudian melalui tindakan pada siklus
I peningkatan kecerdasan logika-matematika anak mengalami peningkatan sebesar
44,12 dengan kategori cukup, dan meningkat kembali setelah tindakan siklus II
sebesar 64,70 dengan kategori baik. Peningkatan kecerdasan logika-matematika
anak semakin menunjukkan hasil yang lebih baik pada siklus III yaitu sebesar
91,17 % dengan kategori baik sekali. Oleh sebab itu, disarankan kepada guru RA
Umratul Hidayah Rantauprapat agar dalam mengajarkan konsep bentuk benda dan
bilangan menggunakan media yang menarik bagi anak dan juga mampu
meningkatkan pemahaman konsep bentuk dan bilangan pada anak usia dini.