Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan taktik
anak melalui kegiatan bermain dengan alat di RA Ummi Fauziah Padang
Matinggi Rantau Prapat. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode penelitian tindakan kelas dari data yang dihasilkan melalui
metode observasi, format penilaian kemampuan dan dokumentasi. Penelitian ini
dilaksanakan di RA Ummi Fauziah Padang Matinggi Rantau Prapat dengan
jumlah anak 20 orang, 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Hasil penelitian
menunjukkan melalui kegiatan bermain dengan alat dapat meningkatkan
kemampuan taktik pada anak usia dini di RA Ummi Fauziah Padang Matinggi
Rantau Prapat tahun ajaran 2018/2019. Hasil observasi dan refleksi pada
pratindakan diperoleh data sebesar 37,75 % dengan kriteria keberhasilan
“KURANG”. Pada siklus I setelah menerapkan kegiatan bermain dengan alat
dalam meningkatkan kemampuan taktik anak cenderung belum meningkat lebih
jauh dilihat dari persentasi anak mencapai rata-rata hanya 58,75 % dengan kriteria
“CUKUP”. Pada siklus II setelah menerapkan kegiatan bermain dengan alat dalam
meningkatkan kemampuan taktik anak terjadi peningkatan lebih baik dilihat dari
persentasi anak mencapai rata-rata 82,50 % dengan kriteria “BAIK SEKALI”
namun masih belum memenuhi indikator keberhasilan yang ingin dicapai yaitu
minimal 85,00 %. Pada siklus III kemampuan taktik anak setelah mengikuti
kegiatan bermain dengan alat meningkat menjadi rata-rata 95,00 % dengan
kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan melalui kegiatan bermain dengan
alat dapat meningkatkan kemampuan taktik anak usia dini. Dari hasil penelitian
ini direkomendasikan kepada guru-guru di RA Ummi Fauziah Padang Matinggi
Rantau Prapat untuk memilih kegiatan bermain yang lebih baik dan kretif untuk
menjadi salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan
taktik pada anak.