dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran
di SMP Muhammadiyah 12 Binjai, serta kurangnya partisipasi para guru dalam
penggunaan media pembelajaran, sehingga dapat membuat para siswa merasa
bosan dalam suasana belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran
aplikasi discord terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 12 Binjai
beralamat Jln. K.H Ahmad Dahlan, Kota Binjai. Adapun populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 34 orang.
Ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol ( 54,00) dan kelas eksperimen
(81,00), dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu kelas yang
menggunakan aplikasi discord lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pada kelas
kontrol yaitu kelas konvensional. Kemudian dari hasil uji t di peroleh tHitung>tTabel
(6,31 > 0,339), Sehingga dapat disimpulkan bahwa ‘Ada perbedaan penggunaan
media pembelajaran aplikasi discord dengan kelas konvensional terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 12 Binjai’’.
Dilihat rata-ratanya diatas baik kelas eksperimen dengan kelas kontrol lebih tinggi
rata-ratanya menggunakan aplikasi discord. Maka, ada pengaruh penggunaan
aplikasi discord terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Karena
tHitung>tTabel, ada perbedaan penggunaan media aplikasi discord dengan kelas
kontrol. Maka, dapat disimpulkan ada pengaruh. |
en_US |