Abstract:
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
mengenal benda melalui penggunaan APE pada anak kelompok B di RA
Mardiyah Padang Matinggi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang
berjumlah 20 anak dengan jumlah anak laki-laki sebanyak 8 dan perempuan
sebanyak 12 anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui tiga
siklus dengan alat instrumen penilaian lembar observasi anak. Berdasarkan hasil
tindakan diketahui bahwa melalui penggunaan APE mampu meningkatkan
kemampuan mengenal benda pada anak kelompok B di RA Mardiyah Padang
Matinggi. Kondisi awal kemampuan anak dalam mengenal bentuk benda di RA
Mardiyah Padang Matinggi sangat rendah terbukti dengan tingkat kemampuan
anak hanya 31,25 % dengan kriteria kurang. Pada siklus I kemampuan anak dalam
mengenal bentuk benda di RA Mardiyah Padang Matinggi meningkat menjadi
52,50 % dengan kriteria cukup. Pada siklus II kemampuan anak dalam mengenal
benda di RA Mardiyah Padang Matinggi meningkat kembali menjadi 75,00 %
dengan kriteria baik. Pada siklus III kemampuan anak dalam mengenal benda di
RA Mardiyah Padang Matinggi kembali meningkat menjadi 88,75 % dengan
kriteria baik sekali. Kepada guru di RA Mardiyah Padang Matinggi hendaklah
lebih meningkatkan proses pembelajaran yang diterapkan pada anak salah satunya
adalah dengan kreatifitas menggunakan APE (Alat Permaian Edukatif) yang
sesungguhnya banyak berada disekitar lingkungan. Alat permainan tidak perlu
mahal, yang penting adalah anak mudah mengerti dengan APE yang digunakan.