Abstract:
Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan kerja sama melalui penggunaan metode
pengelompokan diskusi pada anak kelompok B di RA Al-Mahdiy Kecamatan Air
Batu Kabupaten Asahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas dengan 3 siklus. Alat pengumpulan data penelitian berupa lembar
observasi guru dan anak. Subjek penelitian sebanyak 18 anak dengan 6 anak
perempuan dan 12 anak laki-laki pada kelompok B di RA Al-Mahdiy Kecamatan
Air Batu Kabupaten Asahan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 3 siklus maka dapat
disimpulkan bahwa kemampuan kerja sama dapat ditingkatkan melalui
penggunaan metode pengelompokan diskusi pada anak kelompok B di RA AlMahdiy
Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Kemampuan kerja sama anak
diukur melalui tiga aspek yaitu anak saling membantu dalam kelompok, anak
saling menghargai pendapat teman dalam kelompok, dan anak melakukan
kompromi dalam kerja kelompok.
Kondisi awal atau prasiklus diketahui bahwa kemampuan kerjasama anak
masih kurang baik dengan angka 35,19 % karena masih banyak anak yang sulit
membantu teman, kurang menghargai teman, dan juga sulit melakukan kompromi
dengan teman. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan kerja sama
anak yang dinilai secara kolektif atau klasikal mencapai angka 44,44 % dengan
kriteria CUKUP. Pada siklus II kemampuan kerja sama anak meningkat menjadi
66,66 % dengan kriteria BAIK. Kemudian, pada siklus III kemampuan kerja sama
anak semakin lebih baik sehingga keberhasilan tindakan mencapai 88,89 %
dengan kriteria BAIK SEKALI. Dengan demikian penelitian tindakan dinyatakan
berhasil.