Abstract:
Fenomena maraknya pengemis manusia silver di Kota Medan merupakan
persoalan sosial. Beberapa ruas-ruas jalan khususnya di Kota Medan banyak
tempat digunakan untuk mengemis oleh para pengemis khususnya pada pengemis
manusia silver, biasanya mereka berada diperempatan lampu merah, tempat tempat wisata, dan rumah masyarakat. Banyak dari mereka berfikir dimana
memberi sesuatu pada fakir miskin akan mendapatkan balasan dari Tuhan Yang
Maha Esa. Maka hal itu dapat dimanfaatkan oleh pengemis manusia silver untuk
mencari keuntungan dari orang-orang tersebut. Keberadaan pengemis manusia
silver ini menarik untuk diteliti karena ada indikasi keberadaan pengemis manusia
silver diberbagai perempatan telah melibatkan sindikat tertentu yang dengan
sengaja memperjual belikan komoditas rasa iba untuk kepentingan mereka.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah motivasi “manusia silver”
dalam mempertahankan eksitensi ekonomi di kota medan. Adapun tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi “manusia silver” dalam
mempertahankan eksitensi ekonomi di kota medan. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik analisis data meliputi primer seperti observasi, wawancara, dan
studi dokumen. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, sajian data,
hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis keseluruhan data penelitian
motivasi manusia silver dalam mempertahankan eksitensi ekonomi di kota medan
terbagi menjadi 2 (dua) motivasi yaitu, motif internal terdiri dari pasrah pada
nasib dan Mengemis Daripada Menganggur. Motif eksternal terdiri dari
penghasilan yang besar dan ekonomi keluarga. pemenuhan kebutuhan keluarga
tidak lepas dari hambatan dan tantangan yang harus dihadapi dan dirasakan oleh
setiap individu seperti: persaingan kerja, keterbatasan fisik, keterampilan yang
terbatas dan lemahnya ekonomi keluarga. Sehingga mereka akan berusaha
memenuhi kebutuhan keluarganya sesuai dengan kondisi yang dialami seperti
kemiskinan