Research Repository

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE)OLEH GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS. AL-WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author ANNIKA, RIZKI
dc.date.accessioned 2022-05-28T08:58:43Z
dc.date.available 2022-05-28T08:58:43Z
dc.date.issued 2022-05-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18014
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai karakter pada pembelajaran teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2020/2021.Subjek dalam penelitian adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia dan keseluruhan siswa kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan lembar observasi penerapan metode pembelajaran value clarification technique (vct) pada pembelajaran teks eksplanasi. Berdasarkan analisis data, penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung dapat mengembangkan nilai karakter siswa. Hal ini dapat diuraikan pada nilai karakter religius, nilai jujur, mandiri, toleransi, disiplin, demokratis, komunikatif, kerja sama dan cinta damai, peduli lingkangan, dan sosial, hingga tanggung jawab yang mengalami pengembangan setelah diterapkannya model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada kelas VIII di MTs. Al-Washliyah Tembung. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan metode VCT dalam mengembangkan nilai karakter siswa dikarenakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) merupakan model pembelajaran yang memiliki keunggulan untuk mengundang, melibatkan, membina dan mengembangkan potensi diri siswa terutama mengembangkan potensi sikap en_US
dc.subject Mengembangkan en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.title ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE)OLEH GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS. AL-WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account