Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai karakter pada
pembelajaran teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung
Tahun Pembelajaran 2020/2021.Subjek dalam penelitian adalah guru bidang studi
Bahasa Indonesia dan keseluruhan siswa kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung
Tahun Pembelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif.Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan lembar observasi
penerapan metode pembelajaran value clarification technique (vct) pada
pembelajaran teks eksplanasi.
Berdasarkan analisis data, penerapan model pembelajaran VCT (Value
Clarification Technique) pada pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII
MTs. Al-Washliyah Tembung dapat mengembangkan nilai karakter siswa. Hal ini
dapat diuraikan pada nilai karakter religius, nilai jujur, mandiri, toleransi, disiplin,
demokratis, komunikatif, kerja sama dan cinta damai, peduli lingkangan, dan
sosial, hingga tanggung jawab yang mengalami pengembangan setelah
diterapkannya model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada
kelas VIII di MTs. Al-Washliyah Tembung. Kesimpulan dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa keberhasilan metode VCT dalam mengembangkan nilai
karakter siswa dikarenakan model pembelajaran Value Clarification Technique
(VCT) merupakan model pembelajaran yang memiliki keunggulan untuk
mengundang, melibatkan, membina dan mengembangkan potensi diri siswa
terutama mengembangkan potensi sikap