Abstract:
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
auditory anak dengan kegiatan bermain musik di RA Al-Ikhlas Rantau Prapat. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi
dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Rantau
Prapat yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
diketahui bahwa sebelum dilakukan tindakan kemampuan auditory anak hanya sebesar
23,32 %, lalu setelah dilakukan tindakan pada siklus I melalui kegiatan bermain musik
mengalami peningkatan sebesar 54,99 %, dari hasil siklus pertama ini telah mengalami
peningkatan yang sangat baik namun belum maksimal, maka dari itu tindakan dilanjutkan
dan direncanakan kembali untuk siklus ke II. Pada siklus ke II hasilnya meningkat
sebesar 73,33 % dengan kriteria “Baik” dan pada siklus III hasil meningkat sebesar 91,65
% dengan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa melalui
kegiatan bermain musik dapat meningkatkan kemampuan auditory anak di RA Al-Ikhlas
Rantau Prapat.