Abstract:
Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan
pemahaman bentuk geometri melalui penggunaan media benda konkrit di RA Darul
Ulum Perdagangan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus
dan setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat
pengumpulan data utama adalah melalui lembar check list dari hasil observasi. Sedangkan
subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Darul Ulum Perdagangan dengan
jumlah anak sebanyak 18 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
pemahaman bentuk-bentuk geometri anak kelompok B di RA Darul Ulum Perdagangan
sudah sangat baik. Sebelum tindakan dilakukan pemahaman bentuk geometri anak hanya
sebesar 30,48 % yang meningkat pada tindakan siklus I menjadi 70,36 %. Peningkatan
kembali terjadi pada siklus II yang mencapai 87,03 % dan telah memenuhi indikator
keberhasilan minimal 85 % dengan kategori baik sekali. Anak Kelompok B di RA Darul
Ulum Perdagangan sudah mampu membuat bentuk-bentuk geometri seperti segi empat,
segi tiga atau lingkaran serta dapat menyebutkannya dengan baik. Anak kelompok B di
RA Darul Ulum Perdagangan sudah mampu membedakan antara benda geometri 2
dimensi dan 3 dimensi dengan baik. Kepada guru di RA Darul Ulum Perdagangan
hendaknya terus meningkatkan kompetensinya dalam mengajar sehingga pemahaman
anak pada materi yang diajarkan dapat lebih baik. Pemanfaatan media benda konkrit salah
satunya.