Abstract:
Dalam pendidikan anak usia dini, sikap percaya diri sangat diperlukan
dalam proses pembelajaran sehari – hari untuk melakukan kegiatan. Sikap percaya
diri merupakan sikap terpuji yang harus ditanamkan sejak dini. Sikap percaya diri
anak di RA Nurul Aflah, masih sangat rendah. Dikarenakan rendahnya sikap
percaya diri anak, maka diberikan solusi dengan menerapkan kegiatan storytelling
pada anak. Prosedur penelitian tindakan kelas yang melalui beberapa tahapan,
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi.
Penelitian yang dilakukan di RA Nurul Aflah ini menggunakan penelitian
tindakan kelas dengan melihat sampel dari kelompok B di RA Nurul Aflah, teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, diskusi serta dokumentasi
dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitianmenunjukkan bahwa ada peningkatan sikap percaya diri melalui
kegiatan storytelling di RA Nurul Aflah, dari kondisi awal hanya 3 anak (20%)
meningkat di siklus pertama menjadi 5 orang anak (33%) dan di siklus kedua 10
orang anak (66%) dan di siklus ketiga 12 anak (80%). Maka dapat disimpulkan
sikap percaya diri anak dapat meningkat melalui kegiatan storytelling di RA
Nurul Aflah Kecamatan Medan Labuhan.