Research Repository

ANALISA KINERJA PELAYANAN KAPAL PENUMPANG DI PELABUHAN LAUT SIBOLGA TERHADAP PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI LAUT (Studi Kasus)

Show simple item record

dc.contributor.author SIPAHUTAR, NANDA FILDIA PURNAMA
dc.date.accessioned 2022-05-27T08:41:12Z
dc.date.available 2022-05-27T08:41:12Z
dc.date.issued 2022-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17978
dc.description.abstract Transportasi Laut merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi nasional yang merupakan titik atau node dimana pergerakan barang dan atau penumpang dengan menggunakan moda laut akan dimulai, diakhiri atau transit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan kapal berdasarkan approach time dan waiting time, mengetahui kinerja fasilitas terminal penumpang pelabuhan dan kinerja pelayanan Pelabuhan Laut Sibolga. Hasil dari analisis perhitungan waiting time rata-rata sebesar 0,15 jam dan waiting time tertinggi sebesar 0,25 jam dan perhitungan approach time rata-rata sebesar 0,15 jam dan approach time tertinggi sebesar 0,25 jam. Dapat dikatakan Pelabuhan Laut Sibolga mempunyai kinerja yang baik. Dengan fasilitas gedung terminal pada Pelabuhan Laut Sibolga saat ini adalah seluas 7.981 𝑚2 , sudah memenuhi syarat sesuai keputusan mentri perhubungan nomor 52 Tahun 2004 seluas 360 𝑚2 . Berdasarkan nilai BOR Pelabuhan Laut Sibolga adalah 12,27 % yang berarti tidak melebihi dari nilai BOR (Berth Occupary Ratio) yang di sarankan UNCTAD (United Nation Conference on Trade and Development). en_US
dc.subject Standar Operasional Pelabuhan en_US
dc.subject Pelabuhan en_US
dc.title ANALISA KINERJA PELAYANAN KAPAL PENUMPANG DI PELABUHAN LAUT SIBOLGA TERHADAP PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI LAUT (Studi Kasus) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account