Research Repository

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MEDIAINDONESIA.COM DAN KOMPAS.COM TERHADAP BERITA PENCITRAAN PUAN MAHARANI SEBAGAI BAKAL CALON PRESIDEN 2024

Show simple item record

dc.contributor.author HAJIZA, SITI
dc.date.accessioned 2022-05-27T04:10:28Z
dc.date.available 2022-05-27T04:10:28Z
dc.date.issued 2022-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17950
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dua media online www.mediaindonesia.com dan www.kompas.com melakukan pembingkaian terhadap pemberitaan pencitraan Puan Maharani sebagai bakal calon Presiden RI 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memakai pisau analisis framing model Robert Entman. Metode analisis pembingkaian yang dilakukan adalah menganalisa 10 item berita pada dua media online tersebut tentang pencitraan Puan Maharani sebagai bakal calon presiden 2024. Analisa berita ini dilakukan dengan empat alat ukur model Entman yakni define problem, diagnose problem, make moral judgement, dan treatment recommendation. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media online www.kompas.com dan www.mediaindonesia.com telah sama-sama melakukan moral judgement (kebijakan moral) yakni sama-sama melakukan kritik terhadap Puan Maharani yang dinilai sebagai pejabat negara yang tidak menggunaan akal sehat (common sense) ketika melakukan pencitraan dirinya sebagai bakal calon Presiden RI 2024 di tengah-tengah warga (rakyat) yang sedang menghadapi kesusahan akibat bencana alam. en_US
dc.subject Framing en_US
dc.subject Puan Maharani en_US
dc.title ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MEDIAINDONESIA.COM DAN KOMPAS.COM TERHADAP BERITA PENCITRAAN PUAN MAHARANI SEBAGAI BAKAL CALON PRESIDEN 2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account