Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa persuasif iklan
kecantikan di media sosial instagram. Sumber data dari penelitian yaitu produk
kecantikan Inul Beauty, Jedar Cosmetik, Dissy Cosmetik, Madane Gie dan
Marshwillow Cosmetik yang terdapat di media sosial instagram. Data-data penelitian
ini berdasarkan bahasa persuasif pada kutipan-kutipan iklan kecantikan yang
terdapat di media sosial instagram. Metode penelitian ini menggunakan metode
deskrptif kualitatif. Hasil dari Penelitian yang dilakukam pada 5 merek produk
kecantikan Inul Beauty, Jedar Cosmetik, Dissy Cosmetik, Madane Gie dan
Marshwillow Cosmetik dengan 4 jenis barang yang sama yaitu bedak, krim wajah,
lipstik, dan pensil alis. Dalam iklan tersebut menemukan keterkaitan penggunaan bahasa
persuasif dan ditemukan tiga macam teknik persuasif, yaitu teknik rasionalisasi, teknik
kompensasi, dan teknik sugesti pada iklan kecantikan di media sosial instagram produk
Inul Beauty, Jedar Cosmetik, Dissy Cosmetik, Madane Gie dan Marshwillow Cosmetik.