dc.description.abstract |
Podcast merupakan media audio baru yang membuka ruang baru bagi masyarakat
untuk berkarya. Podcast memiliki daya tarik yang tinggi di Indonesia khususnya
di awal tahun 2019. Penelitian ini menemukan dua strategi utama dalam
pengelolaan podcast yaitu strategi branding mengedepankan unsur ciri
khas, spreadability dengan menekankan pada promosi konten dan kolaborasi
podcast. Referensi informasi dari berbagai sumber buku dan bacaan serta
narasumber dari beberapa podcaster seperti Dengar Sambil Tidur, Kita Cerita Aja,
Cari Aku Nanti Disini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi branding, spreadability, podcast dalam meningkatkan jumlah pendengar.
Branding merupakan gabungan dari berbagai usaha atau kegiatan komunikasi
yang direncanakan dan diaplikasikan oleh perusahaan untuk membangun atau
membesarkan suatu merek agar dikenal lebih luas oleh masyarakat. Spreadability
dalam studi media bisa diartikan sebagai proses penyebarluasan atau sirkulasi
informasi pada sebuah platform media seperti Instagram, Whatsapp, Twitter dan
platform aplikasi penyedia podcast seperti Spotify, Anchor, Noize, Apple Podcast,
Google Podcast, dan Youtube. Metode penelitian ini mengguankan pendekatan
kualitatif. Berdasarkan temuan peneliti dalam hasil data wawancara yang telah
peneliti peroleh dapat dipaparkan bahwasanya, startegi branding dan spreadability
podcast untuk meningkatkan jumlah, sudah dilakukan oleh beberapa podcaster
walaupun masi menemui masalah dan hambatan, namun masalah dan hambatan
itu mampu ditangani dengan baik dan beberapa dari masalah tersebut mulai
menemui solusinya |
en_US |