dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis saluran pemasaran
bengkuang di Kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai Selatan dan untuk
menganalisis strategi pemasaran bengkuang di Kelurahan Bhakti Karya
Kecamatan Binjai Selatan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian
kuantitatif. Lokasi penelitian di Kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai
Selatan , Metode pengambilan sampel yaitu metode random sampling (memilih
sampel secara acak) yaitu petani,agen, dan konsumen. Pengumpulan data yaitu
terdiri dari data primer dan data sekunder.Metode analisis data yang digunakan
yaitu kuantitatif deskriptif dan pendekatan strategi prooduk, harga, distribusi dan
promosi dan menggunakan skala likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat dua pola saluran pemasaran yaitu petani- konsumen akhir dan petani agen-pengecer-konsumen akhir , dan pada strategi pemasaran dalam indikator
produk, harga, distribusi, dan promosi Strategi yang dilakukan oleh petani
bengkuang pada saluran pemasaran pertama untuk strategi mix marketing yaitu
bengkuang yang disediakan memiliki rasa manis. harga bengkuang sangat
terjangkau, lokasi bengkuang sangat strategis dan mempromosikan bengkuang
langsung kepada masyarakat sekitar dengan cara mengandalkan promosi dari
mulut ke mulut . Strategi pemasaran pada saluran kedua yaitu memilih kualitas
bengkuang yang bagus . Melihat harga pasar pesaing bengkuang , agen yang
mengambil langsung ke lahan petani bengkuang dan melakukan kerjasama dengan
agen |
en_US |