Abstract:
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah proses pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan
kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada pokok bahasan pythagoras yang
valid, praktis, dan efektif ? Bagaimanakah respon validator dan peserta didik
terhadap pengembangan perangkat pendekatan saintifik dan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) dalam pada materi Pythagoras ? sebagai tujuan dalam penelitian ini
ialah untuk mengetahui Apakah pengembangan produk berupa pengembangan
LKPD matematika berbasis pendekatan saintifik pada materi Pythagoras ini layak
digunakan.Untuk dapat mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap
LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi Pythagoras, penelitian dan
pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang
terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop
(pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tetapi model pengembangan
Thiargarajan dan semmel pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap 3-
D yaitu define, design, dan develop. Instrumendalam penelitian ini adalah lembar
angket uji kelayakan ahli. Berdasarkan hasil validasi dari validator diperoleh skor
penilaian LKPD oleh dua dosen ahli dan satu guru matematika dengan skor 3.91
dengan criteria “valid” atau layak digunakan. Untuk respon siswa terhadap LKPD
berbasis pendekatan saintifik pada materi phytagoras didapatkan nilai atau skor
rata-rata 4.08 dengan criteria “sangat menarik” atau sangat mudah digunakan.
Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi
Pythagoras yang dikembangkan peneliti layak digunakan serta efektif untuk
digunakan peserta didik dalam pembelajaran matematika khususnya materi
Pythagoras.