Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana ketahanan
nasabah pengaruhnya terhadap Customer Relationship Manajemen di BMT
Mandiri Abadi Syariah Medan. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan
asosiatif. Penelitian asosiasif merupakan penelitian yang digunakan dan atau lebih
variable satu dengan variable lain. Alasan peneliti memiliki asosiatif sebagai
metode penelitian disebabkan dalam penelitian ini mempunyai hubung antar
variabel yang satu dengan variabel lain. Penelitian ini menggunakan analisis
kuantitatif yaitu menggunakan angka-angka sebagai sumber penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dijelaskan pada
bab empat, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa untuk variabel
Customer Relationship Manajemen diperoleh thitung 9,394. Karena thitung (9,394) >
ttabel (1,672) maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan Customer Relationship
Manajemen berpengaruh secara signifikan terhadap ketahanan nasabah.