Abstract:
Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Na.IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara,
peneliti bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Progresif dalam
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Na.IX-X. Jenis
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengolahan data
kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedakan suatu fenomenal
dilapangan dan menjabarkan temuan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian
dari tujuh informan diketahui bahwa Peranan Kepemimpinan Progresif Dalam
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Na.IX-X Kabupaten
Labuhanbatu Utara sudah berjalan dengan efektif namun masih terdapat kendala
dalam pelaksanaannya. Hal ini didasarkan pada kategorisasi seperti adanya
kendala pegawai maupun Camat dalam Kualitas Pelayanan Publik yaitu terjadinya
kendala dalam fasilitas kantor. Sasaran atau target utama dalam penerapan
Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Na.IX-X yaitu memberikan
Pelayanan Publik kepada masyarakat. Tujuan dari Pelayanan Publik sudah
tercapai dan terlaksana dengan baik meskipun masih ada masyarakat yang kurang
mendapatkan Pelayanan Publik. Untuk mencapai tujuan Kualitas Pelayanan
Publik dilakukan dengan cara meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik terhadap
masyarakat yang membutuhkan.