Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan
pendidikan pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Padang Tualang
Kabupaten Langkat. Sesuai dengan Surat Edaran No 15 Tahun 2020 tentang
Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran
corona virus disease (covid-19). jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
wawancara dengan informan sebanyak lima (5) orang yang dianggap dapat
menjawab pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi
pelayanan pendidikan pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Padang
Tualang Kabupaten Langkat sudah baik dilihat dari teori implementasi kebijakan
yang dikemukakan oleh George C. Edward III yaitu : Komunikasi dalam
pemberian informasi ke sekolah-sekolah mengenai pembelajaran daring sudah
dilaksanakan dengan baik dengan memberikan pemahaman bahaya covid melalui
zoom meeting atau melalui google meet, memberitahukan pentingnya penerapan
prokes yang ketat dimanapun terkhusus di sekolah; Sumber daya, dinas
pendidikan memberdayakan sumber daya dengan menginstruksikan anggotanya
ke sekolah-sekolah tentang pembelajaran daring yang diterapkan, dinas
Pendidikan dalam memberikan informasi secara menyeluruh ke pihak sekolah
terkait pembelajaran daring informasi diberikan melalui pengawas sekolah,
melanjutkan informasi tersebut ke sekolah melalui grup WA, zoom meeting atau
google meet; Disposisi, Dinas pendidikan dalam mengawasi pembelajaran daring
di sekolah agar sesuai dengan tujuan pendidikan serta di laksanakannya evaluasi,
memantau pembelajaran daring dengan memberikan wewenang kepada pengawas
sekolah untuk memonitoring pembelajaran daring yang dilaksanakan; Struktur
Birokrasi, pembagian wewenang dengan memberikan tugas untuk penerapan
covid 19 di sekolah-sekolah, dan sekolah diberikan fleksibilitas untuk memilih
kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa di masa pandemi.