dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran cabai merah
keriting, untuk mengetahui margin pemasaran cabai merah keriting, serta untuk
mengetahui tingkat efisiensi pemasaran cabai merah keriting di Desa Bandar
Tongah Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Metode penelitian ini
menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan sampel dilakukan dengan
menggunakan metode simple random sampling untuk sampel petani, pengambilan
sampel pedagang menggunakan metode snowball sampling dan pengambilan
sampel agen menggunakan metode sensus. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan, diketahui bahwa saluran pemasaran dilokasi penelitian terdapat 2
saluran pemasaran. Saluran pemasaran yang pertama yaitu petani – Agen –
Konsumen. Saluran Pemasaran yang kedua yaitu petani – Agen – Pedagang
Pengumpul – Pedagang Pengecer - Konsumen. Margin pemasaran pada saluran
pemasaran I sebesar Rp.4.000/kg, dan margin pemasaran pada saluran pemasaran
II sebesar Rp.7.300/kg. Tingkat efisiensi pada saluran pemasaran I sebesar 2,3%
< 50% artinya saluran pemasaran I merupakan saluran pemasaran yang efisien.
Tingkat efisiensi pada saluran pemasaran II sebesar 7,1% < 50% artinya saluran
pemasaran II merupakan saluran pemasaran yang efisien. |
en_US |