Research Repository

ERILAKU IMITASI TERHADAP FENOMENA VIRAL DI MEDIA SOSIAL : STUDI PADA SLOGAN “SALAM DARI BINJAI”

Show simple item record

dc.contributor.author FADILLA, CINDY SARI
dc.date.accessioned 2022-05-20T01:54:48Z
dc.date.available 2022-05-20T01:54:48Z
dc.date.issued 2022-05-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17758
dc.description.abstract Perilaku imitasi adalah proses sosial atau tindakan perilaku seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap, penampilan, gaya hidup, bahkan apa saja yang dimiliki oleh orang lain. Dalam perilaku imitasi terdapat beberapa jenis kategori yaitu, perilaku sama (same behavior), perilaku meniru atau menyalin (copying behavior), perilaku yang bergantung pada kesesuaian (matched dependent behavior). Slogan “Salam Dari Binjai” adalah sebuah kata-kata yang diucapkan pemilik akun Tiktok bernama @parispernandes_. Konten dengan memukul pohon pisang yang diungahnya diakun media sosial Tiktok berhasil membuat dirinya menjadi perbincangan di berbagai media sosial dan membuat video slogan “Salam Dari Binjai” ini viral dimana-mana. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tindakan apa yang di ekspresikan oleh pengguna TikTok dan faktor apa saja yang mendorong pengguna TikTok meniru slogan “Salam Dari Binjai”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan teknik analisis data yaitu teknik representasi. Penelitian ini dilakukan pada pemilik akun TikTok yang pernah menggunakan slogan “Salam Dari Binjai”. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan beberapa tindakan dalam mengekspresikan video viral “Salam Dari Binjai”. Yang pertama ialah aksi memukul pohon pisang sambil mengucapkan slogan “Salam Dari Binjai”. Dan yang kedua aksi memukul teman dengan menggunakan sound yang sedang viral dan masih berhubungan dengan “Salam Dari Binjai”. Lalu yang kedua faktor-faktor yang mendorong para pengguna TikTok meniru slogan “Salam Dari Binjai” ialah, karena para pengguna mengharapkan akan mendapatkan jumlah viewers yang banyak, jumlah like meningkat dan tentu saja video TikTok yang diunggahnya masuk FYP (For Your Page), serta mendapatkan keuntungan. en_US
dc.subject Imitasi en_US
dc.subject Slogan en_US
dc.title ERILAKU IMITASI TERHADAP FENOMENA VIRAL DI MEDIA SOSIAL : STUDI PADA SLOGAN “SALAM DARI BINJAI” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account