Research Repository

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL

Show simple item record

dc.contributor.author MULIANA, CUT
dc.date.accessioned 2022-05-17T08:04:29Z
dc.date.available 2022-05-17T08:04:29Z
dc.date.issued 2022-05-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17715
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode mind mapping dan metode ceramah di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dengan metode ceramah, dan apa perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode mind mapping dan menggunakan metode ceramah di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif Eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 35siswa kelas VII A untuk kelas eksperimen, Dan untuk kelas VII B berjumlah 36siswa kelas control. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel Acak Sistematis, Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk essay yang telah diuji validitas, realibilitas dan hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode mind mapping dan metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada kelas eksperimen dan kelas control mendapatkan reabilitas X1, X2 dan Y = 0,194 Sedangkan hasil analisis data dengan uji t di peroleh nilai t hitung = 1,51 Sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t table= 0,138(t hitung3,89 t tabel 1,28). en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Metoe Mind Mapping en_US
dc.title PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account