dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan di Desa Malintang Julu, Kecamatan Bukit
Malintang Kabupaten Mandailing Natal. Metode analisis data yang digunakan
yang pertama (1) adalah metode analisis Deskriptif. Untuk masalah kedua (2)
digunakan metode analisis Margin Pemasaran. Dan masalah ke tiga (3) digunakan
metode analisis efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa di daerah penelitian terdapat dua
sistem saluran pemasaran. Saluran pemasaran pertama terdiri dari Petani -
Pedagang Pengumpul - Pedagang Besar, serta Pabrik. Pola saluran pemasaran
yang ke dua melibatkan: Petani - Pedagang Besar serta Pabrik pengolahan karet
rakyat. Besarnya margin di setiap saluran pemasaran berbeda-beda, dimana total
margin pemasaran karet rakyat hingga sampai ke pabrik pengolahan karet pada
pola saluran pemasaran pertama sebesar Rp 13.500, dan total margin pada saluran
pemasaran kedua yaitu sebesar Rp 12.000.
Efisiensi pemasaran karet rakyat di Desa Malintang Julu pada setiap
saluran pemasaran termasuk dalam kategori efisien. Karena nilai Ep ≤ 50%. Pada
saluran pemasaran yang pertama nilai Ep adalah sebesar 14%, dan pada saluran
pemasaran yang kedua nilai Ep adalah sebesar 12,5%. Namun dalam penelitian ini
saluran pemasaran kedua dianggap lebih efisien dibanding saluran pemasaran
yang pertama dikarenakan nilai Ep saluran pemasaran yang kedua lebih kecil. |
en_US |