Abstract:
Skripsi ini meneliti tentang penggunaan media Line Webtoon terhadap kemampuan
menulis karangan eksposisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal.
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dan pemahaman siswa
dalam menulis karangan eksposisi, hal itu disebabkan karena tidak adanya media
pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh media Line Webtoon terhadap kemampuan menulis karangan
eksposisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal tahun pembelajaran
2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA
Muhammadiyah 18 Sunggal yang berjumlah 131 siswa yang terdiri dari 4 kelas.
Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik random sampling dan terpilih
kelas X-MIA 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-IS 1
berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan instrumen
penelitian yang digunakan peneliti berupa media Line Webtoon yaitu menulis
karangan eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan
menulis karangan eksposisi setelah perlakuan menggunakan media Line Webtoon
memperoleh nilai rata-rata 80,51 termasuk dalam kategori baik (B). Sementara
kelompok siswa yang tidak menggunakan media Line Webtoon memperoleh nilai
rata-rata 505,30 termasuk dalam kategori cukup (C). Dari hasil penelitian ini dapat
diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis t diperoleh thitung> ttabel yaitu
9,00 > 1,668. Hal ini berarti terdapat pengaruh dalam penggunaan media Line
Webtoon terhadap kemampuan mnulis karangan ekposisi oleh siswa kelas X SMA
Muhammadiyah 18 Sunggal tahun pembelajaran 2019/2020.