Abstract:
Pendahuluan: Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar pada berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada pandemi COVID-19 berbagai masalah ditemui seperti pembelajaran yang dilakukan secara daring yang memiliki banyak tuntutan salah satunya adalah kemampuan belajar mandiri. Tujuan: Membandingkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa FK UMSU sebelum dan setelah pandemi COVID-19. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik komparatif dengan pendekatan cross-sectional. Hasil: Kemampuan belajar mandiri mahasiswa perempuan lebih bnayak dibandingkan mahasiswa laki-laki. Mahasiswa yang memiliki kemampuan belajar mandiri sebelum pandemi adalah mahasiswa tahun ketiga. Mahasiswa dengan waktu luang 5-12 jam memiliki tingkat kemampuan belajar mandiri sebelum dan sesudah pandemi. Kemudian mahasiswa yang tinggal sendiri atau kos memiliki kemampuan belajar mandiri yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang tinggal dengan keluarga atau orangtua. Mahasiwa dengan prestasi belajar sangat memuaskan memiliki tingkat kemampuan belajar mandiri yang tinggi sebelum dan setelah pandemi. Kesimpulan: Ada perbedaan signifikan kemampuan belajar mandiri mahasiswa FK UMSU sebelum dan setelah pandemi COVID-19 (p<0,00). Kemampuan belajar mandiri mahasiswa setelah pandemi lebih baik dibandingkan sebelum pandemi.