Research Repository

PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUANPENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN diPENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN di PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN di KOTA MEDANKOTA MEDAN KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Lily Primamori
dc.date.accessioned 2020-03-03T04:11:10Z
dc.date.available 2020-03-03T04:11:10Z
dc.date.issued 2019-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1726
dc.description.abstract Kompetensi manajerial kepala madrasah dapat melakukan proses supervisi kepada guru atau pegawai dalam proses pembelajaran di madrasah. Tetapi pada kenyataannya, masih saja ada kepala madrasah yang belum mampu melakukan tugasnya sesuai dengan kompetensi manajerialnya yaitu melakukan supervisi di madrasah yang dipimpinnya. Salah satu indikator seorang guru yang profesional adalah memiliki kemampuan mengelola dan menggunakan media atau sumber belajar. Sehingga seorang guru harus dapat menggunakan teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman dalam era pendidikan. Tetapi pada kenyataannya masih banyak guru terbiasa dengan metode konvensional dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN di Kota Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019; (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru MAN di Kota Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019; (3) untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru MAN di Kota Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertempat di MAN 1 Medan dan MAN 2 Medan yang terletak di jalan Williem Iskandar no. 7 dan 7A Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 244 orang dan jumlah sampel 150 orang yang ditentukan menggunakan metode Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru. Supervisi kepala madrasah memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 6,1% dan sisanya yaitu 93,9% ditentukan oleh faktor lainnya; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru. Kemampuan penggunaan teknologi memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 10,3% dan sisanya yaitu 89,7% ditentukan oleh faktor lainnya; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Supervisi kepala sekolah dan kemampuan penggunaan teknologi secara bersamasama memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 16,5% dan sisanya yaitu 83,5% ditentukan oleh faktor lainnya. en_US
dc.subject Supervisi Kepala Madrasah en_US
dc.subject Kemampuan Penggunaan Teknologi en_US
dc.subject Kinerja Guru en_US
dc.title PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUANPENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN diPENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN di PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN di KOTA MEDANKOTA MEDAN KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account