Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan pendekatan
matematika realistik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel untuk siswa kelas VII SMP, serta mengetahui kelayakan bahan ajar yang
dikembangkan dilihat dari segi kevalidan, ditinjau dari aspek kesesuaian
materi/isi, kesesuaian dengan standar proses, kesesuaian dengan syarat kontruksi
dan kesesuaian dengan syarat teknis berdasarkan penilaian para ahli. Penilaian
dilakukan oleh dosen ahli dan guru matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan matematika realistik. Model
pengembangan pada penelitian ini menggunakan model 4D. Instrumen lembar
penilaian bahan ajar dibuat dalam bentuk angket berstruktur dan angket tak
berstruktur oleh validasi ahli. Hasil penelitian berupa bahan ajar persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel yang layak digunakan dilihat dari segi
kevalidan. Kelayakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berdasarkan dari segi kevalidan yang diperoleh dari validasi dosen ahli dan guru
matematika, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dari validator pertama 4,09 ,
validator kedua 4,198 , validator ketiga 4,225 dan validator keempat 4,28. Hasil
yang didapat dari angket penilaian bahan ajar oleh validator yaitu 4,2 maka terletak
kriteria Sangat Valid.